Perpustakaan

Pelayanan Teknis / Jasa

Info

27 September 2012

SAMBUTAN MENTERI NEGARA LINGKUNGAN HIDUP PADA LAUNCHING LABORATORIUM PUSARPEDAL SEBAGAI LABORATORIUM LINGKUNGAN RUJUKAN NASIONAL

Tangerang Selatan, 6 Juni 2012

…Yang terhormat Sekretaris Kementerian LH, Para Deputi dan Staf Ahli Kementerian Lingkungan Hidup………Yang terhormat Perwakilan Lembaga Donor.……..Yang terhormat Kepala BLH Propinsi DKI Jakarta dan Kepala BLH Propinsi Banten.……..Yang terhormat Rekan-rekan Pers, Perwakilan Laboratorium dan para Pimpinan Perusahaan serta para tamu undangan yang berbahagia.


IMG_0672

Prof. DR. Balthasar Kambuaya, MBA.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas Karunia dan Rahmatnya sehingga kita bersama-sama dapat mengahadiri acara pada hari ini. Semoga acara pada hari ini lebih memberikan kekuatan dan dorongan kepada kita semua untuk terus melanjutkan upaya kita bersama dalam melestarikan lingkungan hidup.

Pada kesempatan ini, saya sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada bapak/ibu yang telah dapat hadir pada acara launching Laboratorium Pusarpedal Sebagai Laboratorium Lingkungan Rujukan Nasional. Dan dalam suasana memperingati hari lingkungan hidup se dunia sekali lagi saya sampaikan bahwa Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2012 adalah “Green Economy: Does it include you?”. Tema ini menekankan pentingnya melakukan pelaksanaan ekonomi hijau oleh semua orang sesuai dengan proporsinya masing-masing baik pada tingkatan global, nasional hingga individu. Adapun tema nasional telah ditetapkan sesuai dengan konteks Indonesia yaitu “Ekonomi Hijau: Ubah Perilaku, tingkatkan kualitas lingkungan”.

Saudara-saudara yang saya hormati.

Dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan, perlu adanya data hasil pemantauan kualitas lingkungan yang dilakukan oleh laboratorium lingkungan yang kompeten, sehingga disini terlihat peranan penting laboratorium lingkungan dalam mendukung kebijakan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Dengan masih kurangnya data hasil pemantauan kualitas lingkungan yang dilaksanakan oleh BLH Propinsi/Kabupaten/Kota, serta dalam rangka mendukung pemerintah daerah dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, Kementerian Lingkungan Hidup telah mengalokasikan dana untuk mempercepat perbaikan kualitas lingkungan, melalui pengadaan sarana dan prasarana fisik termasuk diantaranya adalah berupa peralatan laboratorium lingkungan. Untuk itu saya minta kepada Pusarpedal agar dapat memberikan bimbingan teknis kepada laboratorium-laboratorium lingkungan di seluruh Kabupaten/Kota sehingga laboratorium-laboratorium yang ada di Kabupaten/Kota segera dapat dioperasikan dan dapat menghasilkan data yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah maupun secara hukum.

Saudara-saudara sekalian yang saya hormati.

Sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup menyatakan bahwa Pemerintah mempunyai tugas dan berwenang mengembangkan sarana dan standar laboratorium lingkungan hidup. Untuk itu melalui Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 71 Tahun 2012, laboratorium Pusarpedal telah ditetapkan sebagai laboratorium lingkungan rujukan nasional.

Dengan menyandang sebagai Laboratorium Lingkungan Rujukan Nasional, saya berharap Pusarpedal mampu mendukung program-program kerja KLH terutama dalam penyediaan data untuk keperluan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yaitu melalui pengambilan dan pengujian parameter lingkungan dalam rangka penanganan kasus-kasus lingkungan, pemantauan penaatan kepada setiap usaha dan/atau kegiatan yang membuang limbahnya ke lingkungan, pengawasan penaatan seperti pengawasan dalam rangka Proper, Amdal atau UKL/UPL dan dalam rangka pengembangan baku mutu lingkungan.

Disamping mendukung program-program kerja yang ada di Kementerian Lingkungan Hidup, Pusarpedal tetap melaksanakan pelayanan jasa pengujian di laboratorium kepada para pelanggan, namun kedepan pelayanan jasa laboratorium akan dibatasi pada jenis kegiatan pengujian yang tidak mampu dilaksanakan oleh laboratorium lingkungan lainnya.

Saudara-saudara sekalian yang saya hormati.

Disamping menyandang sebagai laboratorium lingkungan rujukan, saya berharap agar Pusarpedal dapat menjadi Pusat Pemantauan Kualitas Lingkungan Hidup sehingga data-data pemantauan yang dihasilkan dapat dimanfaatkan oleh semua pihak baik pemerintah maupun pemerintah daerah sebagai bahan pertimbangan dalam penetapan kebijakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia. Untuk itu kegiatan pemantauan yang selama ini dilaksanakan baik yang berkoordinasi dengan pemerintah daerah seperti pemantauan kualitas air sungai di 33 propinsi dan pemantauan kualitas udara menggunakan metode pasif sampler yang telah menjangkau hampir ke seluruh Kabupaten/Kota tetap harus dilaksanakan dan semakin ditingkatkan kualitas data yang dihasilkan.

Begitu juga pemantauan kualitas lingkungan yang selama ini telah dilaksanakan langsung oleh Laboratorium Pusarpedal seperti pemantauan air laut, pemantauan air danau serta pemantauan yang sifatnya spesifik seperti pemantauan timah hitam di daerah Serpong-Tangerang dan sekitarnya tetap dilaksanakan. Hal ini penting mengingat data-data yang dihasilkan dari pemantauan ini menunjukkan telah terjadi pencemaran oleh parameter-parameter tertentu baik yang dihasilkan oleh kegiatan industri maupun oleh kegiatan domestik atau kegiatan rumah tangga.

Saudara-saudara sekalian yang saya hormati.

Selama ini Pusarpedal telah melakukan kerjasama pemantauan kualitas lingkungan seperti pemantauan senyawa-senyawa berbahaya yang salah satunya adalah senyawa Persistant Organic Pollutants (POPs) bekerjasama dengan United Nations University (UNU), dan juga pemantauan deposisi asam bekerjasama dengan Jaringan Pemantauan Deposisi Asam yang ada di Asia Timur (EANET) yang diikuti oleh 13 negara. Saya berharap agar kerjasama ini tetap harus dibangun dan dilaksanakan dengan baik serta kerjasama ini saya anggap baik dan penting, karena disamping memperoleh manfaat tersedianya data pemantauan juga bermanfaat dalam peningkatan kapasitas SDM Pusarpedal.

Sebagai Laboratorium Lingkungan Rujukan Nasional, Pusarpedal sampai saat ini telah dilengkapi dengan berbagai peralatan uji parameter kualitas lingkungan, saya berharap agar peralatan laboratorium yang telah dimiliki tetap dijaga dan dirawat dengan baik sehingga setiap saat peralatan dapat siap dioperasikan. Begitu juga dengan Sertifikat Akreditasi yang telah diperoleh sejak tahun 2002, dimana sampai tahun ini jumlah parameter yang terakreditasi sudah mencapai 177 parameter dan saya berharap agar prestasi yang telah dicapai dengan susah payah ini tetap dapat dijaga dan selalu ditingkatkan.

Hadirin yang saya hormati.

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa penetapan Laboratorium Pusarpedal sebagai Laboratorium Lingkungan Rujukan Nasional kami nyatakan resmi diluncurkan.

Kiranya fungsi yang diemban oleh Pusarpedal sebagai laboratorium rujukan dapat menjawab kebutuhan berbagai pihak, khususnya yang terkait dengan pengelolaan laboratorium lingkungan. Terima kasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak.

Terima kasih,

Jakarta, 6 Juni 2012.

Menteri Negara Lingkungan Hidup

Prof. DR. Balthasar Kambuaya, MBA.