Perpustakaan

Digital Perpustakaan

Pelayanan Teknis / Jasa

Sekilas Info

  • My Stats
  • Flag Counter
19 Desember 2017

P3KLL Bahas Laporan Hasil Litbang 2017

LHP 1P3KLL (Serpong, 19/12/2017)_Tahun 2017 merupakan tahun ke 3 bagi Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) sebagai institusi yang mendapat amanah untuk menjalankan tugas penelitian dan pengembangan kualitas lingkungan di bawah Badan Litbang dan Inovasi (BLI) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pada Rabu, (13/12) P3KLL melaksanakan kegiatan Pembahasan Laporan Hasil Penelitian dan Pengembangan Tahun 2017 di Auditorium-P3KLL, Serpong.

Acara ini dihadiri sekitar 70 peserta undangan diantaranya; Dewan dan Prof.Riset, perwakilan Dirjen PPKL, perwakilan Dirjen PSLB3, perwakilan Kepala Pusat Litbang Lingkup BLI, para Peneliti Lingkup BLI dan beberapa Narasumber atau Pembahas. Sebelum acara resmi dibuka, Kepala P3KLL, Wahyu Marjaka, dalam sambutannya mengatakan, “Kegiatan  ini bertujuan menyampaikan hasil penelitian, pengembangan dan capaian kegiatan di laboratorium rujukan serta kegiatan metrologi, kalibrasi P3KLL tahun 2017.”

LHP 2“Perlu kami sampaikan bahwa tahun 2017 P3KLL melaksanakan 8 judul penelitian dan pengembangan yang terbagi dalam 4 RPPI, di samping itu juga melaksanakan pengembangan metode pengujian kualitas lingkungan untuk kualitas air, udara, B3 dan getaran yang menjadi bahan Rancangan Standar Nasional Indonesia (SNI) serta pengembangan metrologi dan kalibrasi,” kata Wahyu.

“Pada kesempatan ini para pelaksana kegiatan akan menyampaikan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun 2017 yang terdiri dari 4 judul penelitian, 4 judul pengembangan, pengembangan metode pengujian parameter kualitas,” demikian kata Wahyu.

Pada sesi berikutnya, para Peneliti P3KLL mempresentasikan Laporan Hasil Litbang Tahun 2017 untuk masing-masing judul kegiatan, diantaranya; Kualitas Udara untuk Perhitungan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup, Indeks Kualitas Air Laut di Wilayah Pesisir dan Laut, Uji Tingkat Pencemaran Tanah untuk Produksi Biomassa dalam Rangka Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Status Riset Efisiensi Pola Konsumsi Air Rumah Tangga, Penanggulangan Kebisingan di Lingkungan Pendidikan, Mitigasi Dampak Pencemaran Udara dalam Darah, Pembangunan Demplot Biosanita, Aplikasi Formulasi Tingkat Pencemaran Kualitas Udara Berdasarkan Parameter Deposisi  Asam, Formulasi Indeks Kualitas Air dalam Penilaian Kualitas Air Sungai.

Pada  sesi diskusi, masing-masing narasumber membahas, mengeritik, mengoreksi dan memberi saran ke para peneliti P3KLL untuk perbaikan laporan hasil litbang P3KLL tahun 2017. Disesi akhir, Kepala Bidang Program Evaluasi Diseminasi, Eva Betty Sinaga, menyimpulkan hasil rangkuman kegiatan sekaligus secara resmi menutup acara Pembahasan Laporan Hasil Penelitian dan Pengembangan P3KLL Tahun 2017.***AF.

LHP 4 LHP 5 LHP 6 LHP 3