Perpustakaan

Digital Perpustakaan

Pelayanan Teknis / Jasa

Sekilas Info

  • My Stats
  • Flag Counter

LATAR BELAKANG

Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungan (PUSARPEDAL) sebagai Laboratorium Lingkungan Rujukan Nasional didirikan pada tanggal 12 Agustus 1993 melalui kerjasama dalam bentuk hibah antara Pemerintah Indonesia dengan pemerintah Jepang. Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2015 tentang penggabungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan, maka  PUSARPEDAL menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) dan berada di bawah Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

TUGAS & FUNGSI

Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) mempunyai tugas; melaksanakan penelitian, pengembangan dan inovasi di bidang kualitas lingkungan dan pengelolaan laboratorium lingkungan.

Dalam melaksanakan tugas Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) menyelenggarakan fungsi :

  • Perumusan kebijakan teknis penelitian, pengembangan dan inovasi di bidang kualitas lingkungan dan pengelolaan laboratorium lingkungan;
  • Pelaksanaan tugas penelitian, pengembangan dan inovasi di bidang kualitas lingkungan dan pengelolaan laboratorium lingkungan;
  • Pemantauan, evaluasi, diseminasi, kerjasama dan pelaporan pelaksanaan tugas penelitian, pengembangan dan inovasi serta sintesa hasil penelitian di bidang kualitas lingkungan dan pengelolaan laboratorium lingkungan;
  • Pengelolaan laboratorium lingkungan rujukan nasional, pengujian kualitas lingkungan, pelaksanaan pelayanan teknis laboratorium lingkungan;
  • Pelaksanaan pengelolaan metrologi lingkungan, pembuatan bahan acuan dan uji profesiensi, penyelenggaraan uji profesiensi serta kalibrasi peralatan laboratorium; dan
  • Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga Pusat.

STRUKTUR ORGANISASI

P3KLL terdiri dari :Struktur P3KLL 2016

Bidang Program, Evaluasi & Diseminasi;

Penyusunan rencana, program, anggaran penelitian, pengembangan dan inovasi, evaluasi, diseminasi dan pelaporan pelaksanaan tugas penelitian, pengembangan dan inovasi.

Bidang Pengelolaan Laboratorium Lingkungan;

Pengelolaan laboratorium lingkungan rujukan nasional, pengujian kualitas lingkungan, pelaksanaan pelayanan teknis laboratorium lingkungan.

Bidang Metrologi dan Kalibrasi;

pengelolaan metrologi lingkungan, pembuatan bahan acuan dan uji profesiensi, penyelenggaraan uji profesiensi serta kalibrasi peralatan laboratorium.

Bagian Tata Usaha;

Melaksanakan urusan ketatausahaan dan rumah tangga, kepegawaian dan ketatalaksanaan, keuangan dan barang milik negara

SARANA & PRASARANA

Sebagai Laboratorium Lingkungan Rujukan Nasional, P3KLL memiliki laboratorium  terakreditasi, yaitu:

Laboratorium Air & Limbah Cair
Laboratorium Udara
Laboratorium Tanah dan Limbah Padat
Laboratorium Kebisingan dan Getaran
Laboratorium Kalibrasi
Laboratorium Toksikologi
Laboratorium Biologi

dilengkapi dengan fasilitas Perpustakaan, Pengolahan Data Informasi, Auditorium kapasitas 300 orang, Ruang rapat, dan lainya. Peralatan pengujian yang dimiliki oleh P3KLL diantaranya:

GC-MS HRGC-MS
AAS TCLP
Spectrophotometer ICP-MS
HPLC Mercury Analyzer
TOC Emisi Gas Analyzer
Ion Chromatograph Kultur Daphnia
Flash Point Tester Pengujian LD50
Main Center Calibration Vibration  Level Meter
Air Quality Monitoring System Hand Held Sound Intensity

dan peralatan laboratorium lainnya.

AKTIVITAS

Pengembangan Metode

Mengembangkan metode pengujian parameter lingkungan  yang termutakhir serta menyiapkan metode pengujian untuk dijadikan metode SNI, diantaranya: Metode sampling air laut, Metode pengujian TCLP pada Limbah Padat, Metode pengujian partikulat, Gas dan logam berat di udara emisi, Metode LD50, Kebisingan & Getaran Lingkungan, dan Metode pengujian terstandar lainnya.

Pemantauan di Bidang Kualitas Lingkungan

Melakukan pengukuran kualitas lingkungan diantaranya: Pemantauan kualitas air danau di Danau Prioritas,  Pemantauan Kualitas Lingkungan Industri Strategis, Pemantauan Kualitas Air Sungai di 33 Provinsi, dan masih banyak lagi.

Metrologi & Kalibrasi

Pembuatan bahan uji profesiensi dan penyelenggaraan uji profesiensi  sebagai bagian dari kegiatan pembinaan laboratorium lingkungan di daerah, serta kalibrasi peralatan laboratorium. P3KLL juga ikut dalam uji banding internasional, diantaranya dengan NATA Australia.

Kerjasama Internasional

Kerjasama dengan The United Nation University (UNU) Japan  dalam Pemantauan POPs.  Kerjasama dengan EANET dalam Pemantauan Hujan Asam.

PNBP

Melayani jasa  sampling, analisis, bimbingan teknis melalui mekanisme PNBP  sesuai dengan PP No. 44 tahun 2014.

Penelitian

KODE RPPI

JUDUL

RPPI 10, KUALITAS LINGKUNGAN UNTUK IKLH DAN ISTM

1

Indeks pencemaran air pada danau prioritas

2

Indeks pencemaran air laut di perairan pelabuhan dan wisata bahari

3

Uji kualitas tanah untuk produksi biomassa dalam rangka penetuan indeks kualitas lingkungan

4

Inventaris karakteristik limbah domestik di Sungai Ciliwung

5

Tingkat pencemaran udara berdasarkan parameter deposisi asam

6

Kebisingan lingkungan di kawasan pendidikan

7

Partikulat (PM10 dan PM2,5) untuk indeks Pencemar Udara (IPU) dalam perhitungan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH)

8

Dampak pencemaran udara (SO2, NO2, logam berat Pb, Cd) dan analisis data pencemaran terhadap kesehatan masyarakat di kota Tangerang, Surabaya dan Medan
RPPI 11, KUALITAS LINGKUNGAN UNTUK INDEKS PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

9

Formulasi Indekas Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) di Indonesia
RPPI 12, POLA KONSUMSI DAN PRODUKSI BEKELANJUTAN

10

Efisiensi pola konsumsi air dalam rumah tangga